Pengertian Presentasi Video

Pengertian Presentasi Video

  Presentasi Video adalah kegiatan yang menampilkan sesuatu kepada seseorang sehingga apa yang disampaikan melalui tampilan tersebut dapat diterima & direspon oleh penerima.

  Jadi, dari Pengertian Presentasi Video yaitu sama halnya dengan menyampaikan sesuatu, akan tetapi dengan menggunakan Presentasi Video, apa yang kita sampaikan dapat lebih di pahami lagi oleh penerima.

  Sebelumnya, tau tidak alat pertama yang di gunakan untuk video ? yang pertama digunakan untuk video adalah menggunakan Pita Seluloid, laluselanjutnya adalah Pita Magnetic dan terakhir adalah Digital (mungkin ini agak tidak penting hehe....)

Syarat-syarat Presentasi Video

 Presentasi Video juga memiliki beberapa persyaratan agar dapat disebut Presentasi Video, Syarat-syarat Presentasi Video adalah:

a. Informasi yang disampaikan jelas

Penyampaian suatu hal menggunakan Presentasi Video harus di sampaikan dengan jelas, seperti benda yang tampil di dalam Presentasi Video dan suara yang standar agar dapat terdengar oleh penerima, sebab jika tidak disampaikan dengan jelas, apa bedanya dengan penyampaian biasa tanpa Presentasi Video ?
b. Ada Pendahuluan
Pendahuluan penting digunakan, karena pendahuluan adalah pengenalan mengenai apa yang akan disampaikan dalam Presentasi Video serta pemahaman apa yang akan didapatkan oleh penerima Presentasi Video.
c. Maksud & Tujuan
Maksud & Tujuan juga dibutuhkan dalam Presentasi Video, dan buatlah Maksud & Tujuan Presentasi Video itu baik, unik dan menarik tetapi tidak terlepas dari Maksud & Tujuan sebenarnya, karena dengan memberikan Maksud & Tujuan Presentasi Video yang baik, unik dan menarik para penerima Presentasi Video akan mau dan dapat dengan mudah menerima isi dari pemahaman Presentasi Video tersebut.
d. Bagaimana Jika Ada Pertanyaan
Persiapkanlah Presentasi Video anda sematang mungkin, ya seperti “Bagaimana jika ada pertanyaan?”. Sebelum anda benar-benar menunjukan/menyampaikan pada penerima, sebaiknya anda pikirkan atau diskusikan (jika berkelompok) apa yang kira-kira akan dipertanyakan setelah Presentasi Video, biasanya yang dipertanyakan adalah hal-hal/kata-kata yang asing, kurang jelas & menarik untuk didengar.So, kalau tidak mau ada pertanyaan, maka buatlah presentasi anda sebaik & sesempurna mungkin, tapi tetaplah buat persiapan. 
e. Penggunaan Kata-kata
Penggunaan Kata-kata dalam Presentasi Video sangatlah penting, karena jika kata-kata yang digunakan dalam Presentasi Video ada yang salah, tidak sesuai atau tidak jelas, maka akan menimbulkan sebuah pertanyaan, penasaran dan keingin tahuan lagi dan mungkin juga dapat membuat pemberi Presentasi Video malu dan dapat menurunkan reputasinya, meskipun ada sesi pertanyaan, tapi jika banyak dari penerima yang bingung dan sesi pertanyaan biasanya hanya memberi beberapa kepada beberapa orang saja, bisa-bisa nanti di jegat lagi setelah acara atau penyampaiannya selesai, hehe….

Fungsi Presentasi Video

 Presentasi Video tentunya memiliki tujuan tertentu, Fungsi Utamanya adalah untuk sarana mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam pembelajaran, & juga beberapa hal berikut :



a.       Menyampaikan Informasi Penting, Rahasia dan Biasa
Seperti yang sudah saya katakan di atas, Presentasi Video dapat memudahkan penyampaian sesuatu seperti Informasi, Berita dan Pengetahuan, termasuk Informasi Penting dan Rahasia.
b.      Mempengaruhi
Presentasi Video dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan, menjalankan dan menggunakan benda, pekerjaan ataupun sesuatu hal lainnya. Seperti orang yang tidak yakin akan sesuatu, akan peristiwa dan kenyataan,maka setelah ia melihatnya menggunakan Video yang buat dengan sebuah Presentasi, ia jadi percaya akan hal itu.
c.       Menginspirasi atau Memotivasi
Presentasi Video dapat memotivasi dan membuatnya menginspirasikan orang, pekerjaan atau kelakuan dari apa yang ditampilkan dalam Presentasi Video, seperti memotivasi remaja untuk menjadi lebih baik lagi, menginspirasi anak-anak untuk menjadi sseorang yang berguna bagi orang lain dan lain sebagainya.
d.      Melakukan Penjualan
Presentasi Video dapa digunakan untuk penjualan, karena dengan penjualan menggunakan Presentasi Video kita dapat langsung menunjukan apa yang kita miliki dan kita jual, serta kita dapat menyertakan Presentasi Video tentang keunggulan dan kemampuan benda, jasa dan yang berhubungan dengan transaksi yang kita jual.
e.       Memunculkan Ide atau Gagasan
Presetasi Video dapat Memunculkan Ide atau Gagasan karena dengan Presentasi Video kita juga dapat melihat kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan memberikan saran, ide dan keputusan untuk bisa lebih baik lagi dalam suatu hal.

Jenis-Jenis Presentasi Video

Dalam Presentasi Video terdapat 2 jenis, yaitu :


a.       Presentasi Video Pembelajaran
Presentasi Video dapat dilakukan untuk pembelajaran, selain murid mudah untuk menangkap ilmu dan pemahaman yang diberikan, guru juga tidak perlu terlalu banyak bicara, karena guru hanya menjelaskannya saja.
b.      Presentasi Video Pemasaran
Sepersi yang sudah saya katakan pada Fungsi Presentasi Video, Presentasi Video dapat digunakan untuk Penjualan, Pemasaran, Pemberi jasa dan hal yang berbau dengan transaksi.

           Dampak Presentasi Video

Dalam baik pasti ada hal buruk,begitu juga dengan Presentasi Video ini, ada Dampak Postif dan Dampak Negatifnya, yaitu :



1.      Dampak Positif Presentasi Video
Presentasi Video memiliki beberapa hal Positif yang dapat digunakan, diantaranya :
a.       Memperjelas Informasi
b.      Keterbatasan Ruang, Waktu, Tenaga & Daya Indra dapat Teratasi (Lebih Efisien)
c.       Mampu Menumbuhkan Motivasi Belajar
d.      Mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk
e.       Bagi peserta didik memungkinkan dapat Belajar Mandiri.
2.      Dampak Negatif Presentasi Video
Dalam hal Positif, pasti ada hal negatif di lain sisinya, seperti Dampak Negatif Presentasi Video ini :
a.       Interasi antara Presenter & Audien (Guru & Murid, Penjual & Pembeli) mungkin Berkurang
b.      Memungkinkan Presenter (Guru, Penjual) terus Bergantung pada Presentasi Video
c.       Dalam Pembuatan Video Memungkinkan untuk Melakukan Pengambilan Ulang jika Hasilnya kurang atau tidak Maksimal.
d.      Untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal, perlu dilakukan Pengolahan Video (Pengeditan)
 


Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Presentasi Video"

Website

Terima Kasih Sudah Berkomentar