Fungsi, Perangkat dan Protocol dari 7 Layer OSI

Tugas lagi dan lagi, itulah yang didapatkan oleh anak sekolah, ok ini adalah sebuah tugas yang di berikan dalam pembelajaran Komunikasi Data, yang diminta untuk menyebutkan Fungsi, Perangkat dan Protocol dari 7 Layer OSI. Tetapi jika anda ingin mendapatkan filenya berupa file.ppt, anda bisa mendownloadnya Disini

Aplication Layer

  Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.
  Protokolnya 10baseT, 100baseT, RS232.

Presentation Layer

  Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
  Protokol yang berada dalam Layer ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP))

Session Layer


  Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di layer ini juga dilakukan resolusi nama.
  Contoh protokolnya IP, IPX ARP, RARP, ICMP, RIP.

 Transport Layer

  Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada layer ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
  Contoh protokolnya TCP, UDP, SPX.
  Perangkatnya adalah Router yang memiliki fungsi tambahan sebagai firewall
 

 Network Layer

  Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan Router dan Switch layer-3 (Switch Manage).
  Contohnya protokol SQL, RPC.
  Perangkatnya Bridge, Switch, ISDN Router, Intelligent HUB, NIC, Advanced Cable Tester

 Data Link Layer

  Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yangdisebut sebagai frame. Pada Layer ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras seperti Halnya MAC Address, membagi Layer ini menjadi dua Layer anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
  Contoh protokolnmya ASCII, MPEG, JPEG.
  Perangkatnya HUB, Bridge, Repeater, dan Switch layer 2 (Switch un-manage)

  Physical Layer

  Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengabelan.
  Contoh Protokolnya FTP, DMTIP, POP3.
  Perangkat yang digunakan pada layer ini adalah Network Adapter Repeater Network HUB Modem Fiber Media Converter



Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Fungsi, Perangkat dan Protocol dari 7 Layer OSI"

Website

Terima Kasih Sudah Berkomentar