Komponen-komponen Perakitan PC



Berikut adalah daftar komponen-komponen perakitan pc :

1.Motherboard




Komponen-komponen Perakitan PC yang pertama adalah Papan induk
(motherboard), ini adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

2.Processor


CPU (singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal.




3.Memory/RAM

            

Memory fisik merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang.

4.VGA Card
VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987.Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.

5.Sound Card

 

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara.Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

6.Hardisk
      

Harddisk atau harddisk drive disingkat HDD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

7.Optical drive

                 

Optical Drive terdiri dari beberapa macam jenisnya antara lain :
1.CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).Untuk dapat membaca isi    
   CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive.
2.CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali.
3.DVD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi).Untuk dapat membaca
   isi DVD-ROM,kelebihan DVD-ROM bisa membaca keping DVD
4.DVD-RW adalah DVD-ROM yang dapat ditulisi kembali.
5.DVD-Combo Istilah DVD-ROOM yang bisa menulis kepingan CD


 8. PSU/Power Supply



Komponen-komponen Perakitan PC yang tidak kalah penting adalah PSU, alat ini Adalah power supply yang menyuplai segalah kebutuhan tegangan pada perangkat keras komputer .

9. Speaker

                                       
Bagi kita yang senang dan hobi bermain musik maupun game yang banyak mengeluarkan suara, pilihan speaker menjadi sangat penting. Pada waktu pertama PC ini ada, keluaran suara yang dihasilkan sangat kecil, karena menggunakan speaker yang kecil dan belum ditunjang oleh multimedia. Dengan berjalannya waktu maka pada era 90an mulai ada  soundcard yang dikeluarkan oleh creative dengan soundblasternya membuat dunia multimedia semakin marak.
Perkembangannya saat ini semakin canggih, dimana soundcard yang dilengkapi dengan sub-woofer menjadikan kualitas suara sangat bagus dan menarik.
Pertimbangan dalam memilih speaker adalah :
·         Besarnya PNPO yang ada pada speaker tersebut
·         Spesifikasi komputer yang dimiliki
·         Ruangan kerja kita, lingkungan sekitarnya, dan suasananya sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.







10. Keyboard


Jenis keyboard pada saat ini mulai dikembangkan dengan multimedia yang ada, dimana pada keyboard terdapat tombol-tombol multimedia yang dapat digunakan seperti power down, cd player dan connect internet. Perubahan ini sangat signifikan pada dunia IT yang terus menerus berinovasi, agar pasar terus berkembang, dimana sebelum tahun 90an keyboard masih sangat terbatas fasilitasnya. Saat ini sudah berkembang begitu pesat, sehinga sampai pada jenis wireless. Untuk keyboard jenis ini kemampuan tangkapnya pada radius 5-7 m dalam open room atau ruangan terbuka. Keyboad dan mouse ini (biasanya dalam  satu paket) dapat digunakan untuk presentasi dimana presenter tidak harus dekat dengan komputer tersebut.


11.Mouse


Mouse juga berkembang dengan pesat, mulai dari yang tanpa kabel wireless hingga yang berjenis optic. Beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan produk secara 2in1 (yaitu keyboard dan mouse) ada pula yang mengeluarkan 3in1 yaitu plus speaker. Dari segi harga memang lebih murah, tetapi ada juga kelemahannya yaitu pada kualitas suara kurang bagus.


12.Monitor

Jenis monitor yang ada juga mengalami perkembangan teknologi yang luar biasa, dimana pada awalnya monitor menggunakan dua warna (B/W) pada saat ini sudah berkembang hingga LCD. Banyaknya jenis maupun merk yang beredar di pasaran memudahkan bagi pemakai untuk menyesuaikan tingkat kebutuhan dan kondisi kantong yang ada. Bagi yang ingin menikmati tampilan bagus dengan resolusi yang tinggi dapat menggunakan jenis LCD yang harganya mencapai US$ 495, sedang bagi yang tidak menuntut hal di atas dapat memperolehnya dengan harga US$ 88. Untuk ukuran 15” hampir semua merk seperti LG, SPC, Samsung, GTC, maupun Philips ditawarkan dengan harga yang relatif sama. Ada pula beberapa merk monitor yang ada meski dengan kemampuan resolusi sama menawarkan harga yang lebih rendah seperti Advance, Casper dan masih banyak lagi.

13.Casing
Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.
5 Fungsi Casing Komputer  :
1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
14. ChipSet
Komponen-komponen Perakitan PC yang terakhir adalah Chipset. secara fisik, chipset berupa kumpulan IC kecil atau chips ,yang di rancang untuk bekerjasama dan mamiliki fungsi-fungsi tertentu pada sistem hardware komputer, chipset terdapat pada madherboard, (kartu-kartu )ekspansi , misal pada kartu grafis (vidio card), atau pada peralatan komputer lainnya, fungsi chipset pada madherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu  ekspansi. begiu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya.. masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik,

FUNGSI CHIPSET

chipset pada vidio card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor.
Sedangkan chipset pada madherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada madherboard  berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari cpu (processor) menuju kartu grafis (vidio card) atau ke sistem memory    (ram), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O.
pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai 'polisi lalu lintas' pengatur aliran data pada madherboard di sebuah PC( personal komputer) .

 Macam-macam ChipSet :

1.) Chipset South


merupakan salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan plug and play, menjebatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power manajemen dan perangkat lain,

berfunsi :  dapat mengatur input dan output pada komputer, termasuk pci dan isa bus, processor, memory (ram) dan cache.



2.) Chipset North
merupakan bagian yang menghubungkan processor (CPU) ke sistem memori dangraphics controller (AGP dan PCI  express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. yang berfungsi untuk mengawal komonikasi antara CPU,RAM module , AGP atau PCI-E dan southbridge,

Fungsi :
Mengawal komunikasi antara CPU, RAM module, AGP atau PCI-E dan southbridge.
chipset bekerja sama untuk mengaktifkan fungsi komputer,
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Komponen-komponen Perakitan PC"

Website

Terima Kasih Sudah Berkomentar