Belajar Pascal : Penggunaan Aritmatika Dasar dan Variabel

Pada pembahasan sebelumnya ( Belajar Pascal : Mengenal Write dan Read ) kita sudah membahasa mengenai syntax dasar dari Bahasa Pemrograman Pascal dan Penggunaan Read and Write, sekarang kita akan mempelajari mengenai Aritmatika Dasar.
Aritmatika adalah Operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan, berikut rumus atau tanda yang digunakan untuk Aritmatika :


+
Tanda ini digunakan untuk melakukan penambahan.
-
Tanda ini digunakan untuk melakukan pengurangan.
*
Tanda ini digunakan untuk melakukan Perkalian
/ dan div
Tanda ini digunakan untuk melakukan Pembagian
mod
Tanda ini digunakan untuk melakukan sisa hasil dari pembagian.


Aritmatika dapat langsung digunakan tanpa menggunakan Variable, namun akan menghasilkan perhitungan yang sangat sederhana, berbeda jika Variable di ikut sertakan, perhitungan akan lebih baik.
Berikut contoh :

- Program Perhitungan Sederhana Bahasa Pemrograman Pascal
 

Disitu saya menggunakan 2 model pembagian, yaitu / dan div , apa bedanya ?


Pada penggunaan / , terlihat ada banyak angka di belakang , (koma), ini menunjukan / digunakan di tipe data real, artinya dia menunjukan berapa hasil aslinya.
Sedangkan div, dia hanya menampilkan angka "2", ini menunjukan div digunakan di tipe data integer dengan menghilangkan semua angka dibelakang koma beserta komanya.

- Program Perhitungan Sederhana Bahasa Pemrograman Pascal dengan Variabel


Contoh selanjutnya, kita dapat menentukan berapa nilai dari variabel yang ada, Variabel terletak sebelum syntax "Begin", dapat dipisahkan dengan " , " (koma) jika nilainya sama.
Lalu nilai dari variabel tersebut dapat ditentukan sebelum kita mengeluarkan hasilnya dengan "write" artinya harus diatas "Write". Pada bagian Pembagian, terlihat ada tambahan ":0:1" , itu digunakan untuk meminimalisir adanya angka dibelakang koma, angka pertama "0" adalah jumlah spasi setelah "=" dan ":1" adalah jumlah angka dibelakang koma.


Sekian mungkin hanya itu untuk malam ini, jika ada yang tidak jelas silahkan tanyakan dikomentar.


Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Belajar Pascal : Penggunaan Aritmatika Dasar dan Variabel"

Website

Terima Kasih Sudah Berkomentar