Pengertian Prinsip Dan Cara Kerja Multimedia Streaming Server



PENGERTIAN MULTIMEDIA STREAMING SERVER
             Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). 

Skema Streaming Server (Sumber : http://liquidsoap .fm)


Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan pada UE sesaat setelah ada permintaan dari user, sehingga proses running aplikasi yang didownload berupa waktu yang lama dapat dihindari tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu. Saat file video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client, dan data video - audio tersebut akan bulai di download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio dijalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file, sehingga proses streaming tetap berlangsung.

PRINSIP DAN CARA KERJA MULTIMEDIA STREAMING SERVER
Media server menangani pengolahan aset digital yang diolah sedemikian rupa yang kemudian di distribusi kepada klien. Media server bisa diakses oleh semua perangkat yang berada pada jaringan yang terhubung dengan media server tersebut.

Media server bertugas sebagai media yang mengolah aset digital (DAM) yang menggunakan NAS sebagai media penyimpanan dan web server sebagai interface yang digunakan untuk bertinteraksi dengan user.

Sebuah server media bisa menunjuk pada alat komputer khusus atau perangkat lunak aplikasi khusus, mulai dari mesin kelas enterprise yang menyediakan video on demand , untuk lebih umum, sebuah komputer kecil pribadi atau NAS (Network  Attached Storage) untuk rumah, khususnya untuk menyimpan berbagai media digital (seperti video digital/film, audio /musik, dan file gambar). Satu-satunya yang diperlukan untuk server media adalah metode penyimpanan media dan koneksi jaringan dengan bandwidth yang cukup untuk memungkinkan akses ke media. Tergantung pada penggunaan dan aplikasi yang dijalankan, media server mungkin memerlukan sejumlah besar RAM, atau multicore CPU yang kuat.

Meningkatnya penggunaan grafis gerak dalam lingkungan seperti Teater,Tari, Acara Perusahaan dan wisata rock telah menyebabkan perkembangan server media yang dirancang khusus untuk acara live. Dalam dunia telepon, server media adalah komponen komputasi yang memproses audio dan atau
video stream yang berhubungan dengan panggilan telepon atau koneksi. Layanan konferensi adalah contoh bagaimana server media dapat digunakan dengan jaringan telepon bergerak lebih ke arah teknologi  VoIP 
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Prinsip Dan Cara Kerja Multimedia Streaming Server "

Website

Terima Kasih Sudah Berkomentar