Monday, March 9, 2015

Belajar PHP : 2.Cara Menjalankan PHP

Assalamu'alaikum Wr. Wb, melanjutkan Tutorial Belajar sebelumnya, yakni Belajar PHP : 1.Teori Dasar dan Sejarah PHP. Tidak seperti kode HTML yang dapat langsung berjalan di web browser, halaman web yang ditulis dengan PHP harus diproses dalam sebuah aplikasi yang dinamakan Web Server. Web server inilah yang akan menerjemahkan kode PHP menjadi HTML dan mengirimnya ke web browser untuk ditampilkan.

Dalam “dunia nyata”, kita harus menyewa web server agar kode PHP dapat diproses dan diakses di internet. Namun aplikasi web server ini dapat diinstall di komputer lokal, dan inilah yang akan kita install dalam tutorial kali ini.
Untuk menjalankan kode PHP, kita setidaknya membutuhkan 3 jenis program, yakni:
  1. Aplikasi Web Server
  2. Aplikasi PHP
  3. Aplikasi Web Browser.
 Disinilah kita akan membutuhkan aplikasi yang memiliki minimal 3 program tersebut, seperti XAMPP dan WAMP. Disini penulis akan menggunakan XAMPP Versi 1.8.3(Download Disini) dan langkah-langkah instalasinya silahkan ikuti tutorial Berikut.


Secara teknis, PHP sebenarnya adalah sebuah modul yang berjalan pada web server. Pada saat menginstall XAMPP, kita telah menginstall aplikasi web server Apache yang juga terdapat modul PHP didalamnya. Web server Apache sendiri tidak hanya bisa menjalankan file PHP, namun juga modul-modul lainnya seperti Perl.

Cara Menjalankan Web Server Apache Melalui XAMPP Control Panel

Untuk menjalankan web server Apache, pertama kali kita harus menjalankan aplikasi XAMPP Control Panel. Jika jendela tersebut belum terbuka, anda bisa menjalankannya dari START –> All Program –> XAMPP –> XAMPP Control Panel.



Pada tampilan XAMPP Control Panel, kita dapat melihat modul atau program apa saja yang bisa dijalankan dari XAMPP, seperti Apache Web Server, MySQL, Program FTP Filezilla, dan beberapa aplikasi lainnya.


 Untuk menjalankan Apache, silahkan klik tombol Start pada kolom Action untuk menu Apache. Warna backgroud dari text Apache akan beralih menjadi kuning yang menandakan proses sedang dimulai. Tunggulah beberapa saat sampai warna background text Apache menjadi hijau yang menandakan web server tersebut telah berjalan di latar belakang.



 Untuk menghentikan web server, tinggal klik tombol Stop sampai warna hijau hilang dari text Apache. Beberapa konfigurasi dan tombol lainnya dapat diabaikan dulu, karena untuk saat ini kita hanya butuh mengetahui cara menjalankan dan mematikan web server saja.





Sekedar catatan, di dalam 1 PC anda hanya bisa menjalankan satu web server pada saat yang bersamaan. Sehingga jika anda gagal menjalankan Apache, kemungkinan besar terdapat aplikasi web server lainnya yang masih berjalan (bisa jadi anda sudah pernah mengistall aplikasi XAMPP sebelumnya).

Pengertian Alamat Localhost

Setelah web server Apache berhasil dijalankan, untuk mengakses web server ini anda dapat menggunakan web browser biasa seperti Google Chrome, atau Mozilla Firefox.
Untuk mengakses web server yang baru saja kita jalankan, silahkan buka web browser lalu ketikkan pada address bar: localhost dan tekan tombol Enter. Jika tidak ada masalah, halaman awal XAMPP akan muncul.


Alamat localhost adalah alamat khusus yang diterjemahkan oleh web browser untuk mengakses web server pada komputer itu sendiri. Selain menggunakan alamat localhost, anda bisa juga menggunakan alamat IP 127.0.0.1 untuk merujuk kepada komputer sendiri (local).
Jika ini adalah pertama kali anda menjalankan XAMP, maka pada halaman awal localhost XAMPP akan muncul pilihan bahasa. Karena XAMPP belum menyediakan bahasa Indonesia, tidak ada pilihan lain selain english :)



Selanjutnya pada browser akan tampil menu home dari XAMPP. Pada menu sebelah kiri atas sekilas akan tampil versi PHP yang dibawa oleh XAMPP, dalam contoh ini versi PHP yang digunakan adalah PHP versi 5.5.6.


 Untuk tampilan detail dari versi PHP dan fitur yang aktif, silahkan klik menu phpinfo() pada menu di sebelah kiri


 Menu phpinfo() menyajikan banyak informasi tentang versi PHP beserta modul-modulnya. Jika ini adalah pertama kali anda mempelajari PHP, untuk sementara silahkan abaikan saja halaman ini.

Demikian, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber : 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Website